Jebakan dalam Penyelenggaran Pendidikan Karakter (1)

Hiruk pikuk pendidikan karakter bergema di mana-mana. Di level pendidikan terbawah hingga perguruan tinggi. Program-program pendidikan karakter mulai bermunculan, mulai dalam bentuk seminar, lokakarya, hingga rencana rencana perumusan kurikulum pendidikan karakter.

Munculnya gagasan pendidikan karakter ini agaknya didasari oleh kondisi bangsa yang diterpa berbagai masalah moral. Mulai dari penyalahgunaan kekuasaan, korupsi, tawuran, pergaulan bebas, perkelahian, tawuran, pembunuhan, aborsi, kesemrawutan hukum dan sebagainya. Masalah bangsa yang ibarat benang kusut tak tentu ujung ini membuat penyelenggara negara berfikir keras untuk mengatasi semua ini. Akhirnya nyaris sampai pada kesimpulan, persoalannya adalah kurang kuatnya pendidikan karakter. Maka keluarlah ide dan rancangan program pendidikan karakter dari berbagai fihak. Didorong pula oleh pendekatan struktural dari Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Akan tetapi upaya-upaya ini ternyata membuat sebagian orang mengerutkan kening. Termasuk Budayawan Darman Moenir yang mengungkapkan dalam tulisannya pada Haluan (Senin, 26 Desember 2011). Saya bersepakat dengan kegalauan beliau. Jangan sampai upaya yang dilakukan ini ibarat orang sedang dihanyutkan air bah. Ranting kecil yang hanyutpun dipegangnya agar bisa menyelamatkan diri. Kondisi seperti orang yang bener-benar panik, tak tahu apa yang akan dilakukan.

Saya pikir pertanyaan yang ada dalam tulisan Darman Moenir itu juga menjadi pertanyaan belum terjawab bagi banyak kelangan, termasuk yang sedang bergelut dengan program karakter ini. Pertanyaan paling mendasar: Karakter itu apa? Saya melihat hal ini menjadi sangat krusial ditengah upaya mencari jalan dalam pendidikan karakter. Saya melihat terdapat beberapa jebakan yang harus disadari: РTidak jelasnya pemahaman atas apa yang dimaksud dengan maksud karakter, dimana letak ranah karakter, bagaimana proses terbentuknya karakter, dan faktor yang membuat karakter bertahan dalam diri seseorang.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s