Faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Karakter (2)

2.      Keluarga

Keluarga adalah lingkungan  pertama yang akan ditemua seorang anak. Nilai-nilai yang berkembang di dalam keluarga memiliki pengaruh besar dalam membentuk karakter seseorang. Apa yang dilihat seorang anak di dalam keluarganya akan menjadi dasar karakter yang terbentuk. Keluarga dengan orang tua yang bijaksana, lembut dan penuh kasih sayang akan menhasilkan karakter anak yang berbeda dibandingkan dengan keluarga yang tidak menerapkan prinsip sopan santun. Keluarga yang agamis akan mempengaruhi pertumbuhan seseorang menjadi seorang yang agamis pula.

Di dalam keluarga, peran orang tua sangat menentukan. Sebab figur bapak dan Ibu ini memiliki pengaruh sangat besar dalam pembentukan karakter. Orang tua yang suka menekan anak, memarahi anak atau suka berkata tanpa kontrol, dampak segera terlihat pada anak usia balita sekalipun.

3.      Lingkungan

Kalau dihitung secara kasar, maka sesungguhnya seorang anak lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan ketimbang dengan keluarga atau gurunya. Pagi, anak sudah berangkat ke sekolah. Sekolah ini adalah lingkungan bagi anak, dia belajar, bermain, berinteraksi dengan kawan dan guru. Pulang sekolah, sore dia kembali ke lingkungan sekitar rumah, bermain, bercanda dengan teman main play station, warnet, setelah itu dia akan ke TPA. Baru pulang ke rumah, kerjakan PR, nonton, dan tidur. Keesokan harinya dia akan mengulangi rutinitas seperti hari-hari sebelumnya.

Jika lingkungan tempat bermainya tidak terkontrol, kasar, tidak mengenal sopan santun, suka berjudi, main bola sambil berjudi, main kartu, pergaulan muda-mudi yang melampaui batas, maka akan punya dampak sangat hebat terhadap pembentukan karakternya. Akan bertambah sulit memperbaikinya jika orang tua dan keluarga yang lain tidak peduli atau tidak menyadari.

Dengan cara begini, maka sesungguhnya cara yang paling baik dalam membentuk karakter seorang anak adalah dengan cara membina dan mengawasi lingkungannya.

2 responses to “Faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Karakter (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s